UKURAN SEPATU SISWA –
SISWI KELAS VII D SMP NEGRI 5 GARUT
Disusun
Oleh :
Nama : Muhammad Darisman
NPM : 2405213013
FAKULTAS
TEKNIK
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS
GARUT
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
latar belakang
Dengan berkembangnya masa
ke
masa
sepatu dalam kehidupan
manusia sangat pesat
berkembang di masyarakat terutama pada anak-anak remaja.
Perusahaan-perusahaan yang memproduksi sepatu dengan berbagai ukuran jenis sepatu
yang biasa menarik minat siswa
atau masyarakat sekalipun,
untuk membeli produk yang
di produksinya.
beberapa ukuran
sepatu yang sukses
merajai ukuran
di kalangan siswa
SMP adalah no
ukuran 37, 38, 39, 40, 41 dan
42.
Dari berbagai macam ukuran sepatu
siswa-siswi dapat memilih
ukuran yang di sukai
sesuai ukurannya, namun dari berbagai ukuran sepatu pasti mempunyai kelebihan dan
kekurangannya,
dari berbagai macam ukuran
sepatu kita dapat
menyurvei ukuran sepatu
mana yang banyak diminati atau dibeli oleh masyarakat maupun remaja terutama
Siswa-siswi kelas VII.D
SMP Negri 5 Garut.
1.2
rumusan masalah
1.
Bagaimana
cara mengetahui bahwa ukuran
sepatu yang banyak
diminati oleh Siswa-siswi
kelas VII.D SMP Negri 5 Garut?
2. Bagaimana
cara menyurvei banyaknya ukuran sepatu yang dipakai oleh Siswa-siswi kelas
VII.D SMP Negri 5 Garut?
1.3
tujuan
Mengetahui banyak nya ukuran sepatu yang diminati atau di pakai oleh Siswa-siswi
kelas
VII.D SMP Negri 5 Garut.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
Sepatu
adalah suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian
sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit
yang menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian
tumit. Pengelompokkan sepatu biasanya dilakukan berdasarkan fungsi atau
tipenya, seperti sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu dansa,
sepatu olahraga, sepatu kerja/sekolah, ortopedik dan minimalis.
Satuan untuk ukuran
sepatu mengikuti beberapa standar dan berbeda di bagian-bagian dunia.
Pengukuran ukuran sepatu seseorang biasanya dilakukan dengan menggunakan
piranti Brannock.
BAB
III
KERANGKA
KERJA
3.1 langkah kerja
Untuk
menyelesaikan pensurveian dan pembuatan makalah Ukuran Sepatu ini, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
- Mencari Ide Mencari judul dan mencari apa yang akan saya survei dan dijadikan laporan dalam bentuk makalah.
- Mengumpulkan Bukti untuk Penyurveian Mengumpulkan semua bukti untuk penyurveian.
- Melakukan Survei Melakukan survei ukuran sepatu dan dibantu dengan bukti yang lainnya.
- Menulis hasil penyurveian Menuliskan hasil pensurveian ke dalam buku.
- Mengolah data di buku Mengolah dan merumuskan data dari hasil data yang telah disurvei.
- Memasukkan data ke dalam komputer Memasukkan data yang telah diolah dibuku kedalam komputer.
- Mengolah data di Komputer Mengolah kembali dan mengedit data hasil penyurveian.
- Menganalisa dan Mengkaji Data Merevisi dari awal sampai akhir apakah laporan makalah ini sudah benar struktur dan isinya atau tidak.
- Upload ke Blog Stelah semua selesai dengan benar maka makalah di upload ke Blog.
3.2 flow
chart
BAB IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
4.1 hasil survei
4.1.1 Hasil Pengukuran
|
Ukuran
Sepatu Siswa SMP Negri 5 Garut
| |
|
Kelas VII D
| |
|
No.
|
Ukuran
Sepatu
|
|
1
|
37
|
|
2
|
37
|
|
3
|
41
|
|
4
|
42
|
|
5
|
41
|
|
6
|
39
|
|
7
|
40
|
|
8
|
37
|
|
9
|
39
|
|
10
|
38
|
|
11
|
38
|
|
12
|
39
|
|
13
|
38
|
|
14
|
38
|
|
15
|
38
|
|
16
|
39
|
|
17
|
37
|
|
18
|
38
|
|
19
|
38
|
|
20
|
38
|
|
21
|
40
|
|
22
|
38
|
|
23
|
38
|
|
24
|
39
|
|
25
|
40
|
|
26
|
39
|
|
27
|
38
|
|
28
|
39
|
|
29
|
40
|
|
30
|
41
|
|
31
|
38
|
|
32
|
39
|
Tabel 4.1.1.1 Hasil Penyurveian
Gambar 4.1.1.2 Diagram Hasil Survei
4.1.2 4.1.2 Data
Tunggal
·
Rataan
Rataan =
∑ x
n
= 1241
32
= 38,7
·
Median
Median
= Xn/2
+ x(n/2) + 1
2
= 32/2 + 32/2 + 1
2
=
16 + 17
2
=
16,5
·
Modus
Modus = 38
4.1.3 4.1.3 Data
Kelompok
|
No.
|
TB - TB
|
|
Frekuensi
|
x
|
fx
|
|
1
|
37 - 37,7
|
|
4
|
37,35
|
149,4
|
|
2
|
37,8 - 38,5
|
|
12
|
38,15
|
457,8
|
|
3
|
38,6 - 39,3
|
|
8
|
38,95
|
311,6
|
|
4
|
39,4 - 40,1
|
|
4
|
39,75
|
159
|
|
5
|
40,2 - 40,9
|
|
3
|
40,55
|
121,65
|
|
6
|
41 - 41,7
|
|
1
|
41,36
|
41,35
|
Tabel 4.1.3.1 Data Kelompok
Gambar
4.1.3.2 Diagram Data Kelompok
·
Median
Med = L + i ( n/2 – F )
f
L =
37,5
i =
0,8
n = 32
F = 4
fm = 12
Med = 37,5
+ 0,8 ( 16 – 4 )
12
=
38,3
·
Modus 1
Mod = L
+ i (
d1 )
d1 + d2
L =
37,5
i =
0,8
d1 = 8
d2 = 4
Mod = 37,5
+ 0,8 ( 8
)
8 + 4
=
38
4.1
pembahasan
§ - Pada bagian 4.1.1 hasil penyurveian menunjukkan
tabel hasil penyurveian dengan
menggunakan data-data yang ditampilkan dalam
Tabel 4.1.1.1 Hasil Penyurveian, hasil
penyurveian ditampilkan juga dalam
bentuk diagram yaitu di Gambar 4.1.1.1 Diagram Hasil
Penyurveian.
§ - Pada
bagian 4.1.2 Data Tunggal menampilkan hasil dari perhitungan yang menghasilkan
Rataan,Median, Modus.
§ - Pada
bagian 4.1.3 Data Kelompok menampilkan table data berupa data kelompok yang
ditampilkan di Tabel 4.1.3.1 Data Kelompok, dan ditampilkan juga data kelompok
dalam
bentuk diagram yang ditampilkan di Gambar 4.1.3.1 Data Kelompok.Terdapat
juga Median
dan Modus dari data kelompok tersebut.
BAB V
KESIMPULAN
Setelah
data diolah dengan menggunakan data tunggal dan data kelompok, Median terletak
pada kelas ke tiga yaitu dari 38 – 38,3 dan setelah diperiksa kembali
menganalisa data dengan rumus diatas adalah benar, karena dengan rumus-rumus
hitungan diatas saya bisa menentukan seperti rataan, media, modus dengan lebih
cepat dan mudah untuk menyelesaikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar